;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 21 Maret 2012

Agar Tak Kalap Saat Prasmanan

Rabu, 21 Maret 2012


[imagetag]




Ketika sedang makan dengan cara prasmanan, apa yang biasanya Anda ambil terlebih dulu? Jika jawabannya adalah nasi atau karbohidrat lainnya, sudah berarti cara makan ini bisa membuat tubuh jadi gemuk. "Selain itu, Anda juga berpotensi untuk kekurangan serat dari sayuran dan buah," ungkap pakar nutrisi Emilia E. Achmadi MS, RD, dalam acara "Buavita Fruit Does You Good" di Birdcage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2012) lalu.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kecukupan asupan kalori, dan menjaga bentuk tubuh, Emilia menyarankan agar lebih memperhatikan pilihan makanan yang tersedia di meja prasmanan. Sebagian besar orang membuat pilihan kurang tepat, yaitu mengambil nasi, lauk, tanpa sayur dan buah. "Biasanya yang disukai adalah nasi dan lauk yang banyak. Kemudian ada beberapa yang tidak pakai sayur dan buah, tapi ada juga yang pakai tapi sedikit," bebernya.

Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi menjadi semakin banyak karena piring makan yang berukuran besar. Saat memakai piring yang besar, otak akan berpikir bahwa nasi yang diambil baru sedikit karena masih ada ruang yang luas di piring. Begitu pula saat mengambil lauk, karena piring masih terlihat kosong akhirnya Anda menumpuk berbagai lauk di atasnya, sementara ruang untuk sayuran sangat sedikit.

Setelah makanan tersebut habis, perut sudah tidak punya celah lagi untuk diisi dengan buah. Jangan lupa, buah juga mengandung serat yang membuat perut terasa kenyang. "Seringkali buah hanya dianggap sebagai pencuci mulut, sehingga asupannya dianggap hanya selingan saja," ujarnya. Aturan makan ini menyebabkan tubuh menjadi kelebihan kalori, namun kekurangan gizi akibat minimnya asupan serat dan vitamin.

Agar tubuh sehat dan langsing, sebaiknya jangan hanya memperhatikan porsi makan saja, tetapi juga aturan pengambilan makanannya. Emilia menyarankan, ketika makan prasmanan, ambillah buah dalam piring kecil. Kemudian dalam piring makan, ambil sayuran terlebih dahulu dalam porsi yang cukup banyak, diikuti dengan lauk, baru nasi secukupnya.

Sayuran yang diambil terlebih dulu ini bisa membantu mengurangi jumlah karbohidrat, karena piring besar yang kosong ini sudah diisi dengan sayuran. Hal ini akan membantu otak memberi sinyal bahwa piring sudah penuh, dan makanannya sudah terlalu banyak.


source: 
http://female.kompas.com/read/2012/03/20/17455647/Agar.Tak.Kalap.Saat.Prasmanan

Sangat Unik 21 Mar, 2012



SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 04.25
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter