;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Kamis, 05 Juli 2012

Pelihara Kucing ?? Ini Bahayanya

Kamis, 05 Juli 2012

[imagetag]

JIKA Anda suka memelihara kucing, berhati-hatilah karena Anda bisa saja terinfeksi parasit dari kotoran kucing kesayangan Anda. Toxoplasma gondii atau T. gondii merupakan  parasit yang disebarkan melalui kontak dengan kotoran kucing, mengonsumsi daging yang kurang matang, atau sayuran yang belum dicuci.

Sekira sepertiga dari populasi dunia terinfeksi dengan parasit ini. T. gondii bersembunyi dalam sel di otak dan otot. Sering kali orang terkena parasit ini tidak sadar telah terinfeksi karena T. gondii tidak menyebabkan gejala. Namun, manusia yang terinfeksi virus ini ternyata bisa mengalami penyakit mental, seperti skizofrenia dan perubahan perilaku, bahkan sampai bunuh diri.

Bayi paling rentan terinfeksi parasit ini karena bayi tidak menghasilkan antibodi untuk melawan T. gondii sampai mereka berusia tiga bulan. Parasit T. gondii tumbuh subur di usus kucing dan menular melalui ookista (spora) yang terbawa di tinja mereka.

Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi ookista ini. Organisme ini menyebar ke otak dan otot, bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh dalam kista di dalam sel.

Manusia dapat terinfeksi parasit ini ketika mengganti kotak kotoran kucing yang sudah terinfeksi T. gondii, makan sayuran yang belum dicuci, minum air minum dari sumber yang terkontaminasi, atau mengonsumsi daging setengah matang atau mentah yang penuh dengan kista tersebut.

Tidak mencuci pisau dapur setelah memotong daging mentah dan langsung menggunakannya untuk memotong bahan makanan lain juga bisa menjadi cara penyebaran infeksi. Wanita hamil dapat menularkan parasit langsung ke bayi di dalam kandungan mereka. Oleh karena itu, disarankan untuk ibu hamil agar tidak mengganti kotak kotoran kucing guna menghindari kemungkinan infeksi, seperti dilansir Dailymail.
#ad2fcb


SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 18.05
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter