;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Selasa, 03 Juli 2012

Tips Merawat Printer Agar Tetap Awet

Selasa, 03 Juli 2012


Tips Merawat Printer Agar Tetap Awet - Setelah kemarin saya berbagi tips mengenai bagaimana menjaga baterai laptop agar tetap awet, sekarang  saya akan membagi tips mengenai bagaimana merawat printer. Mengingat printer sangat rentan kerusakan terutama dengan printer inkjet, dan belum tentu kita bisa memperbaikinya sendiri. Lebih baik menjaga daripada mengobati? bukan begitu?



Langsung saja, berikut tips merawat printer agar tidak mudah rusak:

1. Gunakan printer sesering mungkin
Usahakan anda selalu menggunakan printer, dan jangan sampai printer anda ngaggur dalam waktu lebih dari 1 minggu agar tinta yang ada di head cartridge tidak kering sehingga menyumbat tinta.

2. Manfaatkan fitur head cleaning software bawaan printer
Biasanya pada printer inkjet dibekali dengan software clean head. Gunakan software tersebut untuk melakukan clean head supaya keluaran tinta dari head cartridge tetap lancar. Lakukan secara berkala.

3. Jaga kebersihan printer
Bersihkan printer secara berkala. Jaga printer dari benda-benda asing. Apabila perlu, tutup printer yang tidak terpakai agar tidak terkena debu atau benda asing lainnya.

4. Matikan printer menggunakan tombol power
Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara mencabut langsung kabel power dari stop kontak. Matikan printer melalui tombol power agar posisi catridge kembali ke tempat yang seharusnya untuk menjaga supaya head printer tidak mudah kering.

5. Pastikan kertas tidak kusut
Hindari penggunaan kertas yang kusut atau terlipat. Kertas yang terlalu tebal juga tidak baik digunakan.

6. Jangan sentuh chip catridge secara langsung dengan tangan
Chip catridge sangat sensitif dan akan terganggu dengan listrik statis yang berpindah dari tangan bila anda menyentuhnya secara langsung.

7. Jaga kualitas tinta isi ulang
Gunakan tinta isi ulang yang direkomendasikan agar catridge tetap awet. Penggunaan tinta yang terlalu encer juga akan berpengaruh pada hasil cetakan.

8. Jangan sampai kehabisan tinta
Kehabisan tinta akan menyebabkan head printer kering dan akan menyumbat lubang-lubang kapilernya. Segera isi ulang tinta printer anda jika ada indikasi  low ink.

9. Perhatikan kondisi pembuangan atau wastepad printer
Disarankan untuk mengganti wastepad dengan pembuangan luar agar tidak meluber ke dalam printer.

10. Jangan sembarangan membongkar casing printer
Sebelum anda benar-benar ahli jangan sesekali anda membongkar casing printer. Bisa-bisa anda akan kesulitan untuk mengembalikannya.

11. Letakkan printer jauh dari benda-benda cair
Apabila anda mempunyai kebiasaan minum kopi atau teh sambil bermain komputer. Jangan letakkan di dekat printer ya. Kalau tumpah dan terkena printer bisa bahaya. hehehe.

Semoga bermanfaat.


SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 20.21
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter