;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Kamis, 05 Juli 2012

19 Kebiasaan yang Bisa Merusak Senyum Kamu

Kamis, 05 Juli 2012

[imagetag]

Gigi bisa dikatakan garda paling depan untuk memberikan senyuman paling indah Anda, selain berfungsi mengunyah makanan.


Lalu bagaimana jika senyum Anda ternodai kondisi deretan gigi yang kurang bagus. Maka hindarilah 19 kebiasaan yang terkadang tidak sadar dilakukan, namun bisa merusak gigi Anda.

Seperti dilansir dari WebMD.

Mengunyah es batu

Terkadang dianggap tak berbahaya karena es tidak mengandung gula. Tapi es beku adalah benda yang keras yang jika setiap hari dikunyak tentu akan membuat gigi Anda retak.

Selain itu tentu jika dilakukan secara rutin akan merusak jaringan lunak di dalam gigi dan mengakibatkan sakit gigi.

Bermain olahraga tanpa pelindung mulut

Misalnya seperti sepakbola, hoki, atau olahraga yang berpotensi terjadi luka di sekitar wajah termasuk mulut. Gunakan pengaman untuk mulut atau gigi Anda sehingga tidak mengalami keretakan jikalau olahraga yang Anda lakukan termasuk olah raga yang berat.

Mengedot

Perawatan gigi harus dilakukan sejak dini. Memberikan bayi Anda sebuah dot atau botol untuk susu, air putih atau jus-nya pada malam hari hanya akan membuat gigi anak Anda tubuh dengan tidak baik bahkan rusak.

Karena seringkali botol bayi masih terpasang di mulutnya ketika dia masih tidur hingga terbangun.

Tindik di lidah

Mungkin ini untuk penampilan agar dilihat trendi atau menarik, tapi tahukan Anda bahwa keberadaan logam yang terlalu lama juga dalam memecahkan gigi. Jika itu dilakukan di bibir juga akan menimbulkan risiko yang sama.

Ketika logam bergesekan gusi, dapat menyebabkan kerusakan gusi yang dapat menyebabkan kehilangan gigi. Mulut juga merupakan surga bagi bakteri, sehingga tindikan meningkatkan risiko infeksi dan luka.

Mengadu gigi

Hal ini paling sering disebabkan oleh stres dan kebiasaan tidur. Menghindari makanan keras di siang hari bisa mengurangi nyeri dan kerusakan dari kebiasaan ini. Mengenakan penjaga mulut di malam hari bisa mencegah grinding saat tidur.

Obat tetes pereda batuk

Obat batuk tidak selamanya juga baik untuk gigi, ada diantaranya yang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Apakah gula tersebut berasal dari obat batuk atau permen, ia bereaksi dengan plak lengket yang melapisi gigi. Kemudian bakteri dalam plak mengubah gula menjadi asam yang menggerogoti enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Permen karet

Semua permen karena mengandung gula turut berkontribusi mengakibatkan kerusakan gigi, itu tidak bisa dipungkiri. Namun ada permen lainnya yang memiliki dampak lebih besar seperti permen karet yang manis.

Gummies menempel pada gigi, menjaga gula dan asam mengakibatkan kontak dengan email Anda berjam-jam.

Minuman soda

Soda juga dianggap mengandung hingga 11 sendok teh gula per porsi. Soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat, yang menggerogoti enamel gigi. Diet minuman ringan membiarkan Anda melewatkan gula, tetapi mereka mungkin memiliki asam bahkan lebih dalam bentuk pemanis buatan.

Membuka kemasan dengan gigi

Membuka tutup botol atau kemasan plastik dengan gigi Anda mungkin nyaman, tapi ini adalah salah satu kebiasaan yang membuat ngeri.

Menggunakan gigi sebagai alat dapat menyebabkan mereka retak. Gigi Anda seharusnya hanya digunakan untuk makan.

Minuman olahraga

Minuman olahraga dingin memang menyegarkan setelah latihan. Namun minuman ini biasanya tinggi gula. Seperti soda atau permen, manis minuman olahraga membuat serangan asam pada enamel gigi. Dapat menyebabkan pembusukan.

Jus buah

Jus buah sarat dengan vitamin dan antioksidan, tapi jus sayangnya kebanyakan juga sarat dengan gula. Beberapa jus dapat memiliki gula sebanyak per porsi soda.\

Misalnya, hanya ada 10 gram lebih banyak gula dalam soda jeruk daripada jus jeruk. Lebih baik jika minum jus, mintalah agar tidak ditambahkan gula pada jus Anda.

Keripik kentang

Bakteri dalam plak juga akan mengurai makanan bertepung menjadi asam. Asam ini dapat menyerang gigi selama 20 menit berikutnya bahkan lebih lama jika makanan terjebak di antara gigi.

Rutin mengemil

Ngemil membuat produksi air liur berkurang dibanding makan, dan meninggalkan sisa makanan di gigi Anda selama berjam-jam.

Hindari ngemil terlalu sering, dan tetap berpegang pada makanan ringan yang rendah gula dan pati.

Menggigit-gigit pensil

Apakah Anda pernah mengunyah pensil Anda saat berkonsentrasi pada pekerjaan atau studi? Sama seperti mengunyah es batu, kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi menjadi retak.

Permen karet tanpa gula adalah pilihan yang lebih baik ketika Anda merasa perlu untuk mengunyah. Ini akan memicu aliran air liur yang dapat membuat gigi lebih kuat dan melindungi enamel.

Minum Kopi

Warna gelap kopi dan keasaman dapat menyebabkan menguning pada gigi dari waktu ke waktu.

Merokok

Begitu juga dengan rokok bisa menodai gigi dan menyebabkan mereka rontok sebagai akibat dari penyakit gusi.

Tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.

Minum Anggur Merah

Asam dalam anggur menggerogoti enamel gigi, menciptakan bintik kasar yang membuat gigi lebih rentan terhadap pewarnaan. Anggur merah juga mengandung pigmen yang mendalam disebut chromogen dan tanin, yang membantu tongkat warna pada gigi. Kombinasi ini membuat mudah untuk warna merah anggur untuk tinggal di gigi Anda

Minum Anggur Putih

Asam masih melemahkan enamel, meninggalkan gigi keropos dan rentan terhadap pewarnaan dari minuman lain, seperti kopi.

Pesta makan

Hingga mengakibatkan anda muntah karena perut anda sudah tidak bisa menampung, muntah ini yang menyebabkan kerusakan gigi selain kandungan gula dari setiap makanan yang Anda santap.

Asam kuat ditemukan dalam muntahan dapat mengikis gigi, membuat mereka rapuh dan lemah. Asam ini juga menyebabkan bau mulut. Bulimia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.
#ad2fcb


SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 05.57
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter