;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 11 Juli 2012

Legenda Kuil Tikus Suci di India

Rabu, 11 Juli 2012

[imagetag]

Anda pasti merasa risih dengan gambar di atas yang menampilkan tikus di mana mana. Tunggu dulu, karena mereka bukanlah sembarang tikus. Tikus ini adalah penghuni tetap Kuil "Karni Mata". Kuil ini terkenal dengan sebutan "Kuil Tikus" (Rat Temple). Kuil Karni Mata ini didirikan pada abad ke-15. Lokasi kuil ini terletak di sebuah kota kecil bernama Desknoke. Kota Desknoke ini berada sejauh 30 km dari daerah Bikaner, negara bagian Rajasthan, India barat. Kuil ini dibangun untuk dipersembahkan kepada seorang wanita bijak bernama Karni Mata (1387 1538). Wanita ini dipercaya oleh penduduk India sebagai titisan dewi Durga.

[imagetag]

Kuil Karni Mata ini sendiri dibangun pada awal abad 19 oleh Maharaja Ganga Singh. Kuil ini didekorasi dengan diberi hiasan dengan bahan marmer dan dekorasi dekorasi yang terbuat dari emas dan perak. Tujuan dibangunnya kuil ini adalah untuk mendapatkan perlindungan dari sang dewi. Konon katanya, Karni Mata adalah seorang wanita bijak yang dianggap sebagai inkarnasi dari Dewi Durga. Dewi Durga adalah dewi kekuasaan dan kemenangan bagi para pengikutnya.

[imagetag]

Menurut legenda, ketika Karni Mata masih hidup (kira-kira pada abad ke-14), salah satu anak gadis tirinya tewas. Kemudian Karni Mata memohon kepada Dewa Yama (Dewa kematian) untuk menghidupkannya kembali. Tapi sayangnya, permintaannya itu ditolak oleh sang dewa. Setelah mengemis hingga putus asa, akhirnya Dewa Yama setuju. Tetapi dengan syarat bahwa rakyat suku Karni Mata harus bereinkarnasi sebagai tikus. Dan Karni Mata pun menyetujuinya.

[imagetag]

Di dalam kuil ini, ada sebanyak kurang lebih 20.000 tikus yang dibiarkan hidup bebas. Tikus tikus ini disebut kabbas. Dan percaya tidak percaya, banyak orang yang memberikan penghormatan kepada tikus tikus kabbas ini. Bahkan para wisatawan mancanegara, dari seluruh dunia pun ikut memberi penghormatan kepada tikus kabbas ini. Bagi masyarakat Hindu, ada cara tersendiri untuk mendapatkan berkat. Cara tersebut adalah dengan membiarkan tikus tikus kabbas ini berjalan di atas kaki mereka. Selain itu memakan dan meminum makanan tikus juga merupakan berkah khusus. Dan yang merupakan berkah yang paling ditunggu tunggu umat Hindu adalah melihat salah satu dari empat atau lima tikus putih di antara ribuan tikus itu. Tikus putih itu dipercayai sebagai reinkarnasi dari Karni Mata atau keluarga dekatnya. Unik bukan?

[imagetag]

Orang Hindu menganggap tikus tikus ini suci, karena menurut kepercayaan mereka, mereka akan bereinkarnasi menjadi tikus setelah mereka mati. Oleh sebab itu, umat Hindu sangat memelihara tikus tikus di kuil ini dengan memberi mereka makan. Ada pula kepercayaan bahwa jika seseorang sengaja menginjak tikus dan mengakibatkan kematian tikus itu, maka si pembunuh harus membeli tikus emas atau perak. Kemudian tikus emas atau perak itu ditempatkan di kuil untuk menebusnya.
#ad2fcb


SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 08.37
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter