;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 30 Mei 2012

Mahasiswa UNY Juara di Kompetisi Musik Internasional

Rabu, 30 Mei 2012




Mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengukir prestasi membanggakan di dunia musik internasional dengan berhasil meraih juara di ajang Concorso Musicale Europeo ke-4 yang berlangsung pada 5-13 Mei 2012 di Filadelfia, Italia. Mereka adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini yang berhasil meraih peringkat II Kwartet Guitar dan peringkat II Solo Tunggal atas nama Birul Walidaini.



Kompetisi musik internasional tersebut kali ini diikuti oleh 16 negara, yaitu Norwegia, Ukraina, Latvia, Indonesia, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, Turki, Polandia, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, Iran, dan Italia.

“Ajang ini merupakan ajang tahunan. Untuk mengikutinya, pihak panitialah yang menentukan, jadi tidak sembarang negara bisa berpartisipasi,” tutur Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd. selaku pembimbing.

Menurut informasi dari pihak Italia, pemilihan negara difokuskan pada prestasi yang telah dicapai. Sebelumnya, keempat mahasiswa ini telah menorehkan prestasi dengan meraih juara pertama dalam Kwartet Guitar Festival tingkat nasional dan meraih tiga juara sekaligus pada kategori Solo Klasik dengan penyelenggara Duatone. Pada Maret 2011 mereka juga berhasil meraih kategori aransemen terbaik.

“Baik universitas, fakultas, dan alumni saling bekerjasama. Kebetulan semua capaian ini juga tidak terlepas dari campur tangan Bakti Setiadji selaku alumni UNY. Dia yang berperan dalam mengaransemen instrumen yang dimainkan,” ujar Herwin menambahkan.

Mengenang penampilan di Italia, keempat mahasiswa ini menjawab sangat terkesan dengan penjiwaan gitar klasik yang dimainkan oleh peserta dari negara lain. “Awalnya kami menargetkan, minimal bisa meraih kategori favorit, tetapi puji syukur dengan membawakan instrumen Fantasia from Indonesia kami berhasil membawa hasil maksimal,” jelas Birul Walidaini. Aransemen Fantasia from Indonesia sendiri mengusung semangat kearifan lokal dengan mengambil esensi dari seluruh musik yang ada di Indonesia.



http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14684842


SILAHKAN TINGGALIN KOMENTAR YANG BUKAN SPAM ^_^

NAMA ANDA - 02.15
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter